PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PEMODERASI PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN BEBAN OPERASIONAL TERHADAP PROFITABILITAS

Ismawati, Nur (2024) PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PEMODERASI PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN BEBAN OPERASIONAL TERHADAP PROFITABILITAS. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (CEK PLAGIASI)
10 CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
11 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan: Peneltian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti secara empiris peran corporate social responsibility pemoderasi pertumbuhan penjualan dan beban operasional terhadap profitabilitas Desain/ Metodologi/ Pendekatan: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian menggunakan perusahaan sektor bahan baku dan sampel yang digunakan sub sektor bahan kimia & material yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2022. Penelitian ini mengumpulkan data melalui laporan keuangan tahunan dari website Bursa Efek Indonesia (BEI) dan website resmi perusahaan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan tujuan penelitian yang sudah ditentukan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linear Berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan software SPSS 26. Temuan: Hasil temuan yang pertama menjelaskan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Hasil temuan kedua menejelaskan beban operasional berpengaruh negatif terhadap profitabilitas. Hasil temuan ketiga menjelaskan pertumbuhan penjualan dan beban operasional berpengaruh secara simultan terhadap profitabilitas. Hasil temuan keempat menjelaskan bahwa corporate social responsibility memperlemah pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas. Hasil temuan kelima menjelaskan corporate social responsibility memperlemah beban operasional terhadap profitabilitas. Implikasi penelitian: Implikasi praktis dalam penelitian ini pihak manajemen sebagai rujukan kebijakan dalam peran corporate social responsibility pemoderasi pertumbuhan penjualan dan beban operasional terhadap profitabilitas. Sedangkan Implikasi teoritis dalam penelitian didukung oleh teori keagenan dan teori signaling Orisinilitas/ Nilai: Sepenjang hasil observasi sampai saat ini belum menemukan penelitian yang sama dengan topik peran corporate social responsibility pemoderasi pertumbuhan penjualan dan beban operasional terhadap profitabilitas perusahaan, dan penelitian sebelumnya banyak yang menggunakan sektor manufaktur, sedangkan dalam penelitian ini difokuskam hanya sektor bahan baku sub sektor bahan kimia & material. Kata kunci : Corporate Social Responsibility, Pertumbuhan Penjualan, Beban Operasional, Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Nur Ismawati
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:48
Last Modified: 17 Jul 2024 01:48
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2629

Actions (login required)

View Item View Item