Manajemen Pendidikan Seni Koreksi Wajah untuk Meningkatkan Keterampilan Tata Rias di SMK Negeri 2 Tuban

Hariyani, Lulik (2023) Manajemen Pendidikan Seni Koreksi Wajah untuk Meningkatkan Keterampilan Tata Rias di SMK Negeri 2 Tuban. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (COVER)
01 Cover Lulik.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1 Lulik.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2 Lulik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3 Lulik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4 Lulik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5 Lulik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text (JURNAL)
09 Jurnal Lulik Hariyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text (PLAGIASI TESIS)
10 Plagiasi Tesis Lulik Hariyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
11 Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)

Abstract

Penelitian ini membahas dan mencari temuan tentang manajemen pendidikan seni koreksi wajah untuk meningkatkan keterampilan tata rias di SMK Negeri 2 Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah dan pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen penguatan pendidikan karakter melalui pembiasaan kegiatan keagamaan dalam meningkatkan kedisiplinan dan mutu sekolah. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pendidikan seni koreksi wajah untuk meningkatkan keterampilan tata rias di SMK Negeri 2 Tuban berjalan baik dan lancar. Manajemen pendidikan seni koreksi wajah di SMK Negeri 2 Tuban memiliki perencanaan proses pembelajaran diantaranya silabus, perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar praktek seni koreksi wajah. Tata rias wajah korektif adalah prinsip untuk merubah bentuk muka yang dianggap kurang sempurna dengan sedemikian rupa untuk membuat penampilan yang lebih baik. Pendidikan seni dipercaya dapat menjadikan otak kanan dan otak kiri berkembang secara baik. Keterampilan tata rias di SMK Negeri 2 Tuban lebih fokus pada tata rias wajah karakter yakni tata rias untuk menampilkan karakter seseorang pada saat pentas dipanggung. Tata rias ini bertujuan untuk membantu menyelaraskan wajah, sifat dari tokoh tersebut yang dapat membantu para pemain dalam memerankan sebuah peran sesuai dengan watak yang dipilih. Faktor eksternal yang berpengaruh pada manajemen pendidikan seni koreksi wajah untuk meningkatkan keterampilan tata rias di SMK Negeri Kabupaten Tuban yakni salah satunya sekolah yang merupakan tempat peserta didik mendapatkan pendidikan secara formal, meskipun demikian bukan berarti belajar di sekolah tidak ada hambatan-hambatan yang mempengaruhi pembelajaran. Faktor sekolah yang mempengaruhi belajar ini mencakup metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, pelajaran dan waktu sekolah, metode belajar dan tugas rumah, fasilitas sekolah, standar pelajaran, dan disiplin. Relasi guru dengan siswa sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran, jika relasi guru dan siswa terjalin dengan baik maka siswa akan menyukai mata pelajaran tersebut dan mengikutinya dengan sungguh-sungguh. Tujuan pendidikan akan tercapai jika guru dan siswa sama-sama memperoleh kepuasan dalam kegiatan proses belajar

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan, Seni Koreksi Wajah, Keterampilan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: LULIK HARIYANI
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:21
Last Modified: 11 Aug 2023 02:21
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item View Item