Nita, Abida Fikriyah (2023) Manajemen Pembelajaran Alqur’an Pasca Khatam Dasar TPQ untuk Meningkatkan Kualitas Santri dalam Memahami Alqur'an (Studi Multisitus di Pasca TPQ Al-Mukhlisin Sekarkurung dan Pasca TPQ Masjid Besar Ainul Yaqin Sunan Giri Kebomas Gresik). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (COVER)
01 Cover.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 1)
02 Bab 1.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2)
03 Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text (BAB 3)
04 Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB 4)
05 Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
Text (BAB 5)
06 Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (JURNAL)
10 Jurnal.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
|
Text (CEK PLAGIASI)
11 Cek Plagiasi.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
12 Lembar Persetujuan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan Alqur’an tentang manajemen sangatlah penting untuk mengetahui dan memahami konsep, prinsip dan fungsi manajemen. Latar belakang penelitian bahwa Setelah lulus TPQ, para santri menganggap bahwa sudah cukup untuk mempelajari Alqur’an. Padahal setelah lulus TPQ, santri hanya bisa membaca dengan tartil dan lancar tanpa mengetahui dan memahami Alqur’an. Sering juga terjadi kasus anak yang sudah lulus TPQ tidak mau membiasakan diri untuk membaca Alqur’an lagi di rumah sehingga bacaannya pun menjadi tidak lancar dan lupa. Oleh karena itu diperlukan adanya pengelolaan yang tepat sehingga Pasca TPQ ini bisa menjadi wadah belajar yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak yang sudah lulus TPQ. Secara khusus fokus penelitian ini menekankan pada konsep perencanaan pembelajaran Alqur’an sampai dengan pelaksanaannya. Dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa mengetahui implementasi manajemen pembelajaran Alqur’an pada Pasca TPQ Al Mukhlisin Sekarkurung dan Pasca TPQ Masjid Besar Ainul Yaqin Sunan Giri Kebomas Gresik yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan sampai dengan mengetahui evaluasi manajemen pembelajaran Alqur’an sarta dampak dari Pembelajaran Alqur’an untuk meningkatkan kualitas santri dalam memahami Alqur’an di Pasca TPQ Al-Mukhlisin Sekarkurung dan Pasca TPQ Masjid Besar Ainul Yaqin Sunan Giri Kebomas Gresik. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Informasai menganai sumber penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumnetasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pola berfikir Milles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, hasil dari teknik penelitian tersebut dipilih sesuai fokus penelitian. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan bahwa kegiatan pelaksananaan manajemen pasca TPQ Al-Mukhlisin dan pasca TPQ Masjid Besar Ainul Yaqin sudah memenuhi fungsi manajerial. Tahap yang dilakukan mulai dari perencanaan yaitu meliputi menentukan materi pembelajaran dan alokasi waktu pelajaran. Pengorganisasian telah dilaksanakan, terbukti dengan adanya pembagian wewenang dan tanggungjawab yang jelas yang terbentuk dalam struktur organisasi. Pelaksanaan pembelajaran Alqur’an: Metode yang digunakan pada tiap-tiap Pasca TPQ sudah bisa dikatakan baik. Hal ini karena ustad/ustadzah sudah melakukan metode yang berbasis pada konsep PAIKEM yaitu menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Hal ini, terlihat dari antusias kebanyakan santri pada kedua pasca TPQ yang penulis amati, dalam proses pembelajaran Alqur’an. Pengawasan/evaluasi program dilakukan oleh semua pihak, Evaluasi ini dibedakan menjadi dua, yakni evaluasi hasil pembelajaran Alqur’an dan evaluasi proses pembelajaran Alqur’an. Untuk evaluasi hasil pembelajaran di Pasca TPQ Al-Mukhlisin dan Pasca TPQ Masjid Besar Ainul Yaqin diperoleh dengan menguji santri setiap selesai satu kitab sebelum berpindah belajar kitab selanjutnya. Hasil evaluasi selama ini membuktikan santri mampu memahami materi yang disampaikan dan tidak perlu adanya pengulangan. Sementara, untuk evaluasi proses pembelajaran dilakukan dengan adanya rapat rutin tiap semester.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pembelajaran Alqur’an, Fungsi Manajemen, Pasca TPQ, studi multisitus, memahami Alqur’an |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | S.Ag ABIDA FIKRIYAH NITA |
Date Deposited: | 15 Jul 2023 16:50 |
Last Modified: | 15 Jul 2023 16:50 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/1333 |
Actions (login required)
View Item |