IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SDN PARANGBATU I KABUPATEN TUBAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

WIDODO, WIDODO HERY SUSANTO (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SDN PARANGBATU I KABUPATEN TUBAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (COVER)
01 Cover.pdf

Download (548kB)
[img] Text (BAB 1)
02 Bab 1.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 2)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text (BAB 3)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text (BAB 4)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text (BAB 5)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (JURNAL)
10. Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text (INDEKS SIMILARITAS)
11 Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
12. Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)

Abstract

Keputusan Presiden RI No. 1 Tahun 2010 yang menyatakan bahwa setiap jenjang pendidikan di Indonesia harus melaksanakan pendidikan karakter. Kita ketahui bahwa pendidikan karakter merupakan suatu hal yang sangat penting dilaksanakan, akan tetapi saat ini tampak bahwa masih rendahnya moral peserta didik yang dapat kita lihat dengan berbagai kejadian seperti masih terjadi tawuran antar pelajar, penggunaan narkoba, serta hilangnya rasa hormat terhadap orang yang lebih tua maupun guru. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter di SDN Parangbatu I, dan mengetahui kendala maupun solusi pendidikan karakter peserta didik. Penelitian ini di laksanakan di SDN Parangbatu I. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini mewakili seluruh elemen dalam penelitian, yaitu, kepala sekolah, guru, siswa, wali murid dan komite sekolah sehingga diharapkan mampu mendapatkan data yang valid dan akurat. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pendidikan karakter di SDN Parangbatu I dilakukan melalui tiga proses. Pertama, dalam kegiatan pembelajaran guru mengembangkan nilai karakter dalam perangkat pembelajaran seperti silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Kedua, melalui pembiasaan-pembiasaan serta keteladanan dari tokoh-tokoh utama di sekolah, dalam hal ini adalah Kepala Sekolah dan guru memberi contoh yang baik bagi siswa. Ketiga adalah melalui kegiatan di luar pembelajaran guru penanaman nilai karakter dalam kegiatan budaya sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler; (2) pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, budaya sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Adapun nilai-nilai karakter yang di kembangkan dalam kegiatan pembelajaran dan luar pembelajaran adalah nilai religius, toleransi, jujur, disiplin, tanggung jawab, demokrasi, semangat kebangsaan, percaya diri dan kepedulian; (3) dalam evaluasi, guru menggunakan catatan pembinaan siswa dan buku tata tertib; (4) Kendala yang ada dalam implementasi pendidikan karakter di SDN Parangbatu I antara lain adalah kondisi keluarga dan lingkungan peserta didik. Upaya yang di lakukan untuk mengatasi hambatan adalah dengan menjalin komunikasi dengan orang tua wali murid tentang perkembangan peserta didik, pihak sekolah saling berkoordinasi, apabila ada hambatan dalam pelaksanaan pendidikan; (5) sedangkan faktor pendukungnya adalah pemerintah, sumberdaya manusia, kondisi lingkungan yang kondusif, fasilitas sarana dan prasarana sebagai penunjang keberhasilan proses pendidikan di sekolah. Saran yang dapat diberikan adalah, (1) kepala sekolah dan guru harus mampu menjadi suri tauladan yang baik, (2) sekolah perlu meningkatkan pemahaman orang tua akan pentingnya pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: WIDODO HERY SUSANTO
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:54
Last Modified: 14 Jul 2023 07:47
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/1268

Actions (login required)

View Item View Item