Sutrisno, Zeni (2023) STUDI IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING DAN TANGGUNGJAWAB SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENUNJANG KUALITAS PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA SDN SUGIHWARAS I DAN SDN MOJOMALANG I PARENGAN TUBAN). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (COVER)
01 Cover.pdf Download (625kB) |
|
Text (BAB 1)
02 Bab 1.pdf Download (185kB) |
|
Text (BAB 2)
03 Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
Text (BAB 3)
04 Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
|
Text (BAB 4)
05 Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
|
Text (BAB 5)
06 Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf Download (167kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (JURNAL)
10 Jurnal.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
Text (CEK PLAGIASI)
11 Cek Plagiasi.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
12 Lembar Persetujuan.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) |
Abstract
Problem solving adalah kemampuan untuk mengidentifikasi masalah serta menemukan solusi yang efektif untuk mengatasinya. Pada dasarnya kemampuan problem solving berkaitan dengan berbagai skills lain seperti kemampuan mendengar, menganalisa, meneliti, kreativitas, komunikasi, kerja tim, dan pengambilan keputusan. Udin Syaefudin Saud (2011, hlm. 32) menyatakan bahwa: “Tanggung jawab guru dalam mengembangkan profesinya terdiri dari: (1) guru bertugas sebagai pengajar; (2) guru bertugas sebagai pembimbing; (3) guru bertugas sebagai administrator kelas; (4) guru bertugas sebagai pengembang kurikulum; (5) guru bertugas untuk mengembangkan profesi; dan (6) guru bertugas untuk membina hubungan dengan masyarakat”. Penelitian ini memfokuskan pada implementasi keterampilan problem solving dan rasa tanggungjawab sumber daya manusia dalam menunjang kualitas pendidikan. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi implementasi keterampilan problem solving di SDN Sugihwaras I dan SDN Mojomalang I Parengan Tuban; (2) Apa saja faktor yang berpengaruh dalam implementasi keterampilan problem solving di SDN Sugihwaras I dan SDN Mojomalang I Parengan Tuban; (3) Bagaimana dampak implementasi keterampilan problem solving dan tanggung jawab sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Sugihwaras I dan SDN Mojomalang I Parengan Tuban. Hasil penelitian menunjukan bahwa sekolah melaksanakan implementasi keterampilan problem solving, dengan struktur kurikulum yang dibuat terbuka, fleksibel, dinamis, dan efektif serta adafptif, dan siswa diberikan motivasi agar mampu menguasai materi belajar, sehingga menjadi sekolah yang unggul dalam prestasi dan berpemecahan masalah dengan berdasarkan pada iman, taqwa dan iptek sesuai dengan visi dan misi sekolah. Implementasi keterampilan problem solving dan rasa tanggungjawab sumber daya manusia benar menunjang kualitas pendidikan di SDN Sugihwaras I dan SDN Mojomalang I Parengan Tuban. Hasilnya antara lain meningkatkatnya hasil belajar siswa selama 2 tahun terakhir, dengan nilai rata-rata ujian sekolah meningkat, dan hampir 75% lebih lulusan diterima di SMP favorit di tingkat Kecamatan, serta prestasi di bidang non akademikpun meningkat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Problem Solving, Tanggungjawab Sumber Daya Manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Zeni Sutrisno |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 15:26 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 15:26 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/1228 |
Actions (login required)
View Item |