STRATEGI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM VOKASIONAL DI SMK PGRI AMPELGADING MALANG

SOEBIYANTO, RATNI PRESETIYOWATI (2022) STRATEGI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM VOKASIONAL DI SMK PGRI AMPELGADING MALANG. Other thesis, Universitas Gresik.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (688kB)
[img] Text
02. Bab I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
03. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
04. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
05. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
06. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
07. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
08. Daftar Pustaka.pdf

Download (299kB)
[img] Text
09. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text
10. Jurnal Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
11. Cek Plagiasi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian Ratni Prasetiyowati Soebiyanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen kepala sekolah adalah suatu proses pengaturan dan permanfaatan sumber daya yang dimiliki sekolah baik sumber daya manusia maupun sumberdaya lainnya melalui kerjasama para guru dan tenaga kependidikan Iainnya untuk mencapat tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Dalam penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui Implementasi strategi manajerial kepala sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum vokasional membatik di SMK PGRI Ampelgading Malang. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sebagai obyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan yang ada di SMK PGRI Ampelgading Malang. Berdasarkan hasil wewancara dapat disimpulkan bahwa manajerial kepala sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum vokasional di SMK PGRI Ampelgading Malang diawali dengan membentuk tim khusus, kepala sekolah sebagai penanggungjawab, penggerakan dalam mengimplementasikan kurikulum vokasional adalah dengan memberikan pelatihan kepada semua komponen sekolah terkait vokasional, Kegiatan pengawasan dengan memantau langsung pelaksanaan kegiatan. Implementasi Kurikulum vokasional membatik di SMK PGRI Ampelgading Malang dengan mempersiapkan semua komponen sekolah, melakukan sosialisasi serta menghadirkan nara sumber yang kompeten tentang membatik, pelaksanaan keterampilan membatik tersebut dijadwal khusus hari sabtu. Semua siswa kelas XI dan XII secara berkelompok belajar membatik yang di bimbing oleh guru KWU dan guru mapel lainnya. Faktor pendukung pelaksanaan implementasi kurikulum vokasional membatik di SMK PGRI Ampelgading Malang adalah: a) kerjasama stakeholder sekolah, b) dukungan masyarakat serta dari dinas terkait, c) dukungan sarana dan prasarana membatik, dan d) motivasi siswa. Faktor penghambat pelaksanaan implementasi kurikulum vokasional membatik di SMK PGRI Ampelgading Malang antara lain: 1) sarana dan prasarana yang kurang memadai, 2) kualitas batik yang dihasilkan masih rendah sehingga tidak bisa dijual dimasyarakat hanya sebagai koleksi di sekolah, 3) kurangnya dukungan dari pemerintah setempat baik dari tingkat kecamatan atau desa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: strategi, manajerial kepala sekolah, kurikulum vokasional, membatik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: ikrima rahmatika layyina
Date Deposited: 09 May 2023 03:22
Last Modified: 09 May 2023 03:22
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/1153

Actions (login required)

View Item View Item