R. ZAINUL FAIZ, INUNG (2025) PENGARUH EDUKASI DENGAN TEORI SELF CARE TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN DENGAN HIPERTENSI DI PUSKESMAS SANGKAPURA. Other thesis, UNIVERSITAS GRESITAS.
![]() |
Text (01 COVER)
01 Cover.pdf Download (844kB) |
![]() |
Text (02 BAB 1)
BAB 1.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text (03 BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
![]() |
Text (04 BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
![]() |
Text (05 BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
![]() |
Text (06 BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
![]() |
Text (07 BAB 6)
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
![]() |
Text (08 DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text (10 JURNAL)
JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
![]() |
Text (09 LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
![]() |
Text (11 CEK PLAGIASI)
PLAGIASI Skripsi (R. Zainul Faiz) post ujian 26%..pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
![]() |
Text (12 LEMBAR PERSETUJUAN)
Lembar Persetujuan.pdf Restricted to Registered users only Download (960kB) |
Abstract
Kualitas hidup pasien dengan hipertensi masih menjadi tantangan serius dalam pelayanan kesehatan primer, terutama di wilayah dengan keterbatasan akses edukasi kesehatan. Rendahnya pemahaman pasien terhadap pengelolaan diri dan kepatuhan terhadap pengobatan sering kali menyebabkan komplikasi jangka panjang dan menurunnya kesejahteraan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi berbasis teori Self-Care terhadap peningkatan kualitas hidup pasien hipertensi di Puskesmas Sangkapura. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan pendekatan pretest-posttest nonequivalent control group design, melibatkan dua kelompok: kelompok intervensi (n=55) yang menerima edukasi berbasis teori Self-Care, dan kelompok kontrol (n=54) yang hanya menerima perawatan standar. Instrumen EQ-5D digunakan untuk mengukur kualitas hidup sebelum dan sesudah intervensi. Hasil menunjukkan bahwa seluruh responden kelompok intervensi mengalami peningkatan kualitas hidup menjadi kategori baik (100%) setelah edukasi, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang sebagian besar tetap berada pada kategori kurang (63,6%). Analisis Paired Samples t-Test menunjukkan peningkatan skor rata-rata yang signifikan pada kedua kelompok (p=0,000), dengan kelompok intervensi menunjukkan distribusi skor yang lebih stabil dan realistis. Meskipun korelasi antara skor pre dan post pada kelompok intervensi lemah (r=0,165; p=0,229), hasil ini tetap mendukung efektivitas edukasi berbasis teori Self-Care dalam meningkatkan kualitas hidup pasien hipertensi. Pendekatan edukasi perlu dikembangkan dengan mempertimbangkan durasi intervensi, media pembelajaran yang sesuai, serta keterlibatan keluarga dan komunitas untuk memperkuat praktik self-care secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edukasi Self-Care, Hipertensi, Kualitas Hidup, Teori Orem |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | R. ZAINUL FAIZ |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 01:31 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 01:31 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/4092 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |