PENGARUH EDUKASI DENGAN TEORI SELF CARE TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN DENGAN HIPERTENSI DI PUSKESMAS SANGKAPURA

R. ZAINUL FAIZ, INUNG (2025) PENGARUH EDUKASI DENGAN TEORI SELF CARE TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN DENGAN HIPERTENSI DI PUSKESMAS SANGKAPURA. Other thesis, UNIVERSITAS GRESITAS.

[img] Text (01 COVER)
01 Cover.pdf

Download (844kB)
[img] Text (02 BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (195kB)
[img] Text (03 BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text (04 BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text (05 BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text (06 BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text (07 BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text (08 DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text (10 JURNAL)
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text (09 LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (11 CEK PLAGIASI)
PLAGIASI Skripsi (R. Zainul Faiz) post ujian 26%..pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text (12 LEMBAR PERSETUJUAN)
Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB)

Abstract

Kualitas hidup pasien dengan hipertensi masih menjadi tantangan serius dalam pelayanan kesehatan primer, terutama di wilayah dengan keterbatasan akses edukasi kesehatan. Rendahnya pemahaman pasien terhadap pengelolaan diri dan kepatuhan terhadap pengobatan sering kali menyebabkan komplikasi jangka panjang dan menurunnya kesejahteraan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi berbasis teori Self-Care terhadap peningkatan kualitas hidup pasien hipertensi di Puskesmas Sangkapura. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan pendekatan pretest-posttest nonequivalent control group design, melibatkan dua kelompok: kelompok intervensi (n=55) yang menerima edukasi berbasis teori Self-Care, dan kelompok kontrol (n=54) yang hanya menerima perawatan standar. Instrumen EQ-5D digunakan untuk mengukur kualitas hidup sebelum dan sesudah intervensi. Hasil menunjukkan bahwa seluruh responden kelompok intervensi mengalami peningkatan kualitas hidup menjadi kategori baik (100%) setelah edukasi, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang sebagian besar tetap berada pada kategori kurang (63,6%). Analisis Paired Samples t-Test menunjukkan peningkatan skor rata-rata yang signifikan pada kedua kelompok (p=0,000), dengan kelompok intervensi menunjukkan distribusi skor yang lebih stabil dan realistis. Meskipun korelasi antara skor pre dan post pada kelompok intervensi lemah (r=0,165; p=0,229), hasil ini tetap mendukung efektivitas edukasi berbasis teori Self-Care dalam meningkatkan kualitas hidup pasien hipertensi. Pendekatan edukasi perlu dikembangkan dengan mempertimbangkan durasi intervensi, media pembelajaran yang sesuai, serta keterlibatan keluarga dan komunitas untuk memperkuat praktik self-care secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Edukasi Self-Care, Hipertensi, Kualitas Hidup, Teori Orem
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: R. ZAINUL FAIZ
Date Deposited: 01 Sep 2025 01:31
Last Modified: 01 Sep 2025 01:31
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/4092

Actions (login required)

View Item View Item