Implementasi Program Dua Bahasa dalam Meningkatkan Program Kemampuan Berbahasa Santriwan-Santriwati (Studi Multisitus Santri PP. Mambaus Sholihin dan PP. Jauharul Maknuun)

Fadllillah, Muhammad (2024) Implementasi Program Dua Bahasa dalam Meningkatkan Program Kemampuan Berbahasa Santriwan-Santriwati (Studi Multisitus Santri PP. Mambaus Sholihin dan PP. Jauharul Maknuun). Other thesis, Universitas Gresik.

[img] Text (Cover)
01 Cover.pdf

Download (363kB)
[img] Text (Bab 1)
02 Bab 1.pdf

Download (203kB)
[img] Text (Bab 2)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text (Bab 3)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text (Bab 4)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text (Bab 5)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
08 Daftar Pustaka.pdf

Download (147kB)
[img] Text (Lampiran)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text (Cek Plagiasi)
11 Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
[img] Text (Lembar Persetujuan)
12. Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tesis dengan judul Implementasi Program Dua Bahasa Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Santriwan-Santriwati (Studi Multisitus Santri PP. Mambaus Sholihin dan PP. Jauharul Maknuun) ini ditulis oleh Muhammad Fadllillah, NIM 220100017, Program Pascasarjana Universitas Gresik dengan pembimbing Dr. Suyanto, S.H., M.H., M.Kn., M.Ap. dan De. M. Furqon Wahyudi, M.Pd. Pendidikan bukan sekedar sistematika mengajar, mentransfer pengetahuan, pendidikan mental jasmani serta intelektual saja, akan tetapi lebih dari itu, pendidikan adalah tentang bagaimana ilmu itu bisa diserap dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pembelajaran yang aktual serta diminati oleh siswa dalam pembelajaran adalah pembelajaran bahasa asing, seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab. Pentingnya bahasa di zaman sekarang mendorong lembaga pendidikan untuk mengajarkan siswanya tentang bagaimana cara berbicara dengan multibahasa dengan baik, terlebih bahasa Inggris yang sudah menjadi bahasa internasional serta bahasa Arab sebagai bahasa pengantar mereka dalam memahami kitab-kitab arab, seperti Al-Quran, Hadis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah santri di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin dan Pondok PESANTREN Jauharul Maknuun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori reduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Bagaimana implementasi program dua bahasa di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin dan Pondok Pesantren Jauharul Maknuun? Bagaimana kemampuan berbahasa santri dalam menguasai bahasa arab dan bahasa inggris? Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi program dua bahasa dalam meningkatkan kemampuan berbahasa santriwan-santriwati sangat berkaitan erat dengan program pengembangan bahasa yang memperhatikan 4 aspek, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis seperti yang dikatakan oleh Tarigan. Hal ini dapat dilihat dari program pengembangan bahasa serta banyaknya responden yang berpendapat jika program bahasa yang diterapkan di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin dan Pondok Pesantren Jauharul Maknuun mampu meningkatkan kemampuan berbahasa mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Dua Bahasa, Peningkatan Kemampuan, Santriwan-Santriwati
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Muhammad Fadllillah
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:25
Last Modified: 24 Jul 2024 02:25
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2923

Actions (login required)

View Item View Item