STRATEGI KEPEMIMPINAN PENGAWAS DAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENINGKATAN MUTU SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMPN 2 NGULING KABUPATEN PASURUAN)

Jalali, Jalali (2023) STRATEGI KEPEMIMPINAN PENGAWAS DAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENINGKATAN MUTU SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMPN 2 NGULING KABUPATEN PASURUAN). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (COVER)
01. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
02. BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text (BAB VI)
07. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. Daftar Pustaka.pdf

Download (365kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (JURNAL)
10. Jurnal Artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text (CEK PLAGIASI)
11. Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
12. Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)

Abstract

Dengan gaya kepemimpinan yang dimiliki diharapkan pengawas dapat melakukan upaya perbaikan mutu pelayanan bahkan menciptakan budaya mutu guru di lingkungan pendidikan yang dipimpinnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hubungan strategi kepemimpinan pengawas dan peningkatan mutu sekolah dan hubungan manajemen sumber daya manusia dan peningkatan mutu sekolah serta hubungan antara strategi kepemimpinan pengawas dan manajemen sumber daya manusia terhadap peningkatan mutu sekolah di SMPN 2 Nguling Kab. Pasuruan. Penelitian ini Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka angka dan analisis menggunakan statistic. Penelitian kuantitatif adalah suatu penelitian yang lebih banyak menggunakan logika hipotesis verivikasi yang dimulai dengan berfikir deduktif untuk menurunkan hipotesis kemudian melakukan pengujian di lapangan dan kesimpulan atau hipotesis tersebut ditarik berdasarkan data empiris.Adapun populasi seklaigus sampel yang dalam penelitian ini adalah 50 Guru. Berdasarkan uji regresi linier berganda terutama pada uji t yaitu uji pengaruh secara parsial menghasilkan nilai t-hitung sebesar 5,313 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 5%, sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat diartikan bahwa variabel sistem informasi berpengaruh secara signifikan terhadap Peningkatan Mutu Sekolah. Berdasarkan uji regresi linier berganda terutama pada uji t yaitu uji pengaruh secara parsial menghasilkan nilai t-hitung sebesar 2,948 dan nilai signifikansi 0,005 kurang dari 5%, sehingga Ho ditolak. Dengan dapat diartikan bahwa variabel Manajemen Sumber Daya Manusia berpengaruh secara signifikan terhadap Peningkatan Mutu Sekolah. Variabel Strategi Kepemimpinan Pengawas dan Manajemen Sumber Daya Manusia berpengaruh secara signifikan terhadap Peningkatan Mutu Sekolah yang ditunjukkan dari hasil t-hitung, dan pengaruh secara simultan menunjukkan bahwa variabel sistem informasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia berpengaruh secara signifikan terhadap Peningkatan Mutu Sekolah, dilihat dari nilai F-hitung sebesar 23,772 dan nilai signifikansinya kurang dari 5% yaitu sebesar 0,000. Besarnya pengaruh variabel Strategi Kepemimpinan Pengawas dan Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap variabel Peningkatan Mutu Sekolah yaitu sebesar 50,3% sedangkan sisanya 49,7% dipengaruhi variabel yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Mutu Sekolah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: JALALI
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:01
Last Modified: 20 Jul 2023 08:01
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/1637

Actions (login required)

View Item View Item