BILLY TAMAMI FENDY, BILLY (2023) ANALISIS PENGARUH VARIASI QUENCHING AIR, UDARA, DAN OLI TERHADAP KUAT TARIK DAN KEKERASAN SAMBUNGAN LAS PADA MATERIAL SS 304. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (01 COVER)
Cover (1).pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN 1-3.pdf Download (690kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II KAJIAN PUSTAKA 4-30-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III METODE PENELITIAN 31-43.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV HASIL ANALISIS 44-54.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V PENUTUP 55.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (347kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-1.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
Text (JURNAL)
JURNAL .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (PLAGIASI JURNAL)
JURNAL CEK PLAGIASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI BILLY TAMAMI FENDY_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (PLAGIASI SKRIPSI)
SKRIPSI BILLY TAMAMI FENDY.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
Lembar Persetujuan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul analisis pengaruh variasi quenching air, udara, dan oli terhadap kuat tarik dan kekerasan sambungan las pada material SS 304 dilatarbelakangi oleh adanya Penggunaan logam pada setiap komponen industry salah satunya stainless steel 304 yang merupakan jenis baja tahan korosi yang serbaguna dan paling banyak digunakan. Sifat tahan korosi ini menyebabkan baja jenis ini mempunyai rentang penggunaan dalam waktu jangka yang lama. Adanya beberapa prosedur yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah perlakuan material setelah proses pengelasan. Pada beberapa penelitian, menyatakan bahwa kekerasan pada baja karbon hasil proses quenching dengan media pendingin air, oli dan udara menunjukkan tingkat kekerasan yang berbeda. Pada pengujian tarik beban diberikan secara kontinu dan pelan–pelan bertambah besar, bersamaan dengan itu dilakukan pengamatan mengenai perpanjangan yang dialami benda uji dan dihasilkan kurva tegangan-regangan. Pengujian kekerasan dengan metode vickers bertujuan menentukan kekerasan suatu material. Vickers hardness number (VHN, atau VPH), didefinisikan sebagai beban dibagi dengan luas permukaan lekukan. Dalam praktiknya, area ini adalah dihitung dari pengukuran mikroskopis dari panjang diagonal dari kesan tersebut. Dari data hasil pengujian tarik diperoleh data tegangan maksimal dengan variasi media pendingin air sebesar 85 Ksi, oli sebesar 95 Ksi, dan udara sebesar 94 Ksi, sehingga disimpulkan variasi media pendingin yang memiliki hasil nilai tegangan terbesar yaitu pada spesimen dengan media pendingin oli yakni dengan nilai 95 Ksi. Sedangkan hasil nilai data uji vickers diperoleh data nilai HVN spesimen air (170), Oli (162) dan Udara (170) sehingga spesimen air dan udara mempunyai nilai kekerasan paling sama pada daerah weld metal yaitu sebesar 170 HV. Dan dari nilai rata-rata pada lokasi pengambilan data di weld metal atau daerah la
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stainless steel 304, Quenching, Sambungan Las, SMAW, Uji Tarik, Uji Vickers |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Billy tamami fendy |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 04:58 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 04:58 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/1514 |
Actions (login required)
View Item |